Pengertian, Keutamaan dan Manfaat Air Zam-zam

Air Zamzam - Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh, Selamat Datang para pembaca yang budiman di situs BacaTulisInfo.com. Insyaa Allah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Air Zamzam

orang juga bertanya :

  1. Apa itu Air Zamzam ?
  2. Siapa yang Menemukan Sumur Zamzam ?
  3. Apa Keistimewaan Air Zamzam ?
  4. Apa Manfaat Air Zamzam
  5. Cara Minum Air Zamzam Menurut Sunnah
  6. Air Zamzam Untuk Ibu Hamil

Apa itu Air Zamzam ?

Air Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, yang mempunyai kedalaman 42 meter. 

Menurut cerita yang sohih, sumur zam-zam dapat menyedot air sebanyak 11-18,5 liter per detik. Sehingga, dapat menghasilkan 660 liter air permenit dan 39.600 liter perjamnya. Dari mata air ini, ada celah ke arah Hajar Aswad, juga beberapa celah mengarah kepada Shafa dan Marwa.

Air zamzam merupakan keajaiban yang Allah hadirkan kepada kita dan sebagai mukjizat Nabi Ismail dan Ibunya Hajar untuk seluruh umat manusia hingga sekarang.

Sejarah Ditemukannya Sumur Zamzam

Mata air zamzam ditemukan pertama kali oleh Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah, atas petunjuk Malaikat Jibril, tatkala Ismail, putera Hajar, mengalami kehausan di tengah padang pasir, sedangkan persediaan air tidak ada. Sumur zamzam terletak 11 meter dari Ka'bah. 

Banyak yang sudah mengenal air zam-zam dan mungkin pula pernah menikmati kelezatannya. Namun, sebenarnya air yang satu ini punya khasiat yang tidak kita temui dalam air lainnya.

Dalam sebuah hadits shahih, Nabi    menyebut air zam-zam,

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (atau bagus) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (atau obat penyakit).”

Hadits-hadits tersebut menunjukkan khasiat air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa pula menjadi obat penyakit. Air tersebut juga adalah air yang penuh keberkahan.

Keistimewaan Air Zamzam dibandingkan Air Lain Di Dunia

Termasuk sunnah adalah meminum beberapa dari air tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi    karena di dalam air tersebut terdapat keberkahan. Air tersebut bisa menjadi makanan yang baik dan makanan yang diberkahi. Air tersebut disyari’atkan untuk dinikmati jika memang mudah didapatkan sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi   .

Hadits-hadits tadi sekali lagi menunjukkan pada kita mengenai khasiat dan keberkahannya sebagaimana yang telah dijelaskan tadi. Air itu bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan obat penyakit. Dianjurkan bagi setiap mukmin menikmati air tersebut jika memang mudah memperolehnya. Air tersebut juga bisa digunakan untuk berwudhu. Air tersebut bisa digunakan untuk beristinja’ (membersihkan kotoran setelah buang air). Air tersebut juga bisa digunakan untuk mandi junub jika memang ada kebutuhan untuk menggunakannya.

Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 miligram perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 miligram per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandung dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi :

  • Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
  •  Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0,25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre)
Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

Apa Manfaat Air Zamzam?

Manfaat Pertama, air zam-zam adalah air yang penuh keberkahan. Air zam-zam adalah sebaik-baik air di muka bumi ini. 

Nabi bersabda,
“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Boleh mengambil keberkahan dari air tersebut karena hal ini telah diisyaratkan oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam. Dianjurkan bagi orang yang meminum air zam-zam untuk memerciki air tersebut pada kepala, wajah dan dadanya. Sedangkan ngalap berkah dari benda-benda lainnya –seperti dari keris, keringat para Kyai dan batu ajaib-, maka seperti ini adalah ngalap berkah yang tidak berdasar karena tidak ada petunjuk dari Al Qur’an dan As Sunnah sama sekali.

Manfaat Kedua, air zam-zam bisa menjadi makanan yang mengenyangkan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut air zam-zam,
“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”

Manfaat Ketiga, air zam-zam bisa menyembuhkan penyakit.

Sampai-sampai sebagian pakar fiqih menganjurkan agar berbekal dengan air zam-zam ketika pulang dari tanah suci untuk menyembuhkan orang yang sakit. Dalilnya, dahulu ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha pernah membawa pulang air zam-zam (dalam sebuah botol), lalu beliau mengatakan bahwa Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan seperti ini. Diriwayatkan dari yang lainnya, dari Abu Kuraib, terdapat tambahan,

“Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau mengobatinya dengan air zam-zam.”

Maanfaat yang Keempat, do’a bisa terkabulkan melalui keberkahan air zam-zam,

Hendaklah seseorang memperbanyak do’a ketika meminum air zam-zam. Ketika meminumnya, hendaklah ia meminta pada Alloh kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.” [Maksudnya do’a apa saja yang diucapkan ketika meminumnya adalah do’a yang mustajab]. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, ketika meminum air zam-zam, beliau berdo’a:

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an wa syifa-an min kulli daa-in” [Ya Alloh, kami memohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang melimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit]. Namun pendengar, riwayat ini adalah riwayat yang dho’if (lemah).

Akan tetapi pendengar. Para ulama bersepakat bolehnya menggunakan air tersebut untuk bersuci. Namun mereka mengatakan sebisa mungkin dijauhi untuk hal-hal yang rendah seperti membersihkan najis dan semacamnya. Al ‘Allamah Al Bahuti rohimahulloh dalam kitab Kasyful Qona’ mengatakan,

“Dimakruhkan menggunakan air zam-zam untuk menghilangkan najis saja, dalam rangka untuk memuliakan air tersebut. Sedangkan menggunakannya untuk menghilangkan hadats tidaklah makruh.”

Bagaimana Cara Minum Air Zamzam ?

Cara minum air zamzam tidak berbeda dengan minum air pada umumnya, Rosulullah sudah mengajarkan kepada kita tentang adap minum 

Minum Mengucap Bismillah

Cara minum Rosulullah dimulai dengan membaca basmallah / bismillah, ucapan itu yang berartikan “Dengan Menyebut Nama Allah” menjadi ucapan setiap Rosulullah melakukan setiap kegiatannya.

Minum dan makan dengan tidak membaca bismillah akan menjadikan setan akan ikut minum dan makan bersama kita, dengan begitu tentu aka nada hilangnya keberkahan dalam makanan dan minuman kita.

Minum Dengan Tangan Kanan

Minum dengan Tangan kanan adalah cara minum yang Rosulullah ajarkan kepada sahabat ibnu ‘umar. Rosulullah mengajarkan untuk tidak makan dan minum dengan tangan kiri. Karna tangan kiri mencerminkan kotor dan setan senang dengan orang yang minum dengan tangan kiri.

Minum Dengan Posisi Duduk

Minum dengan posisi duduk adalah cara minum dan makan Rosulullah juga, sesuai dengan hadits yang Rosul Sabdakan : “Janganlah Kalian Minum dengan Keadaan Berdiri”

Dengan begitu kita tau bahwa posisi yang baik menurut Rosul adalah duduk begitu juga dalam penelitian zaman now bahwa posisi minum berdiri dapat merusak anggota tubuh bagian dalam kita.

Minum Dengan 3 Tegukan

Minum 3 tegukan artinya kita tidak boleh tergesa-gesa saat minum. Rosulullah mencontohkan kepada kita untuk minum dengan 3 tegukan. 1 tegukan nafas, 1 tergukan nafas, 1 tegukan nafas.

Berdoalah Sesuai Hajat

Berdoa setelah meminum air zamzam itu menjadi pilihan saja tidak diharuskan. Namun telah kita ketahui bahwa air zamzam memiliki keutamaan dan manfaat yang banyak termasuk dapat menjadikan doa dan hajat kita tercapai. akan tetaapi ada doa umum saat minum air zamzam

Doa Minum Air Zamzam

Nabi, hanyalah doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa saat minum air zam-zam,
Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in
Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“.

Dengan mengetahui cara minum air zam-zam sesuai dengan yang dicontohkan Rosullah, kita bisa mendapatkan pahala dan keberkahan dalam setiap makan dan minum kita. 

Apakah Air Zamzam Aman Untuk Ibu Hamil ?

Air Zamzam untuk ibu hamil sangatlah baik, selain mineral azir zamzam juga mengandung antioksidan, nutrisi dan kandungan ion yang seimbang, air zamzam juga memiliki kadar asam sebesar 7,5% dengan memiliki neutron-neutron yang menjadi penambah energy bagi ibu hamil.

Air zamzam dengan kandungan yang terbaik dan menjadi air terbaik tentu juga akan sangat baik bagi setiap orang termasuk ibu hamil dan menyusui bahkan untuk anak bayi juga.

Alhamdulillah, itulah Air Zamzam, semoga dengan adanya penjelasan ini kita semua bertambah keimanannya terhadap Allah dan meyakini bahwa air zamzam adalah satu keajaiban yang Allah berikan kepada manusia.

Akhir kata dari admin, terimakasih kepada para pembaca yang sudah berkenan untuk mengunjungi situs BacaTulisInfo.Com, jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini melalui link yang sudah disediakan, silahkan share lewat Telegram, WA dan Sosial Media lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Keutamaan dan Manfaat Air Zam-zam"

Posting Komentar