Cara Menghemat Pengeluaran Bahan Bakar Kendaraan

Harga bahan bakar minyak di Indonesia saat ini sangat tinggi terutama bensin yang terus meningkat harganya, banyak penggunanya merasa semakin sulit untuk mengatakan kewajaran dalam pengeluaran uang hasil jerih payah yang mereka dapatkan untuk biaya bahan bakar yang tinggi daripada kebutuhan lainnya, termasuk kebutuhan primer seperti makanan.

Dengan mengingat pengeluaran pada bahan bakar bensin, admin akan memberikan lima langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk meregangkan uang Anda sedikit lebih jauh dalam hal pengunaan bahan bakar kendaraan anda.

1. Bergantian Pengantaran dan Penjemputan

Jika Anda memiliki anak yang masih sekolah, cobalah pertimbangkan untuk berbagi tanggung jawab mengemudi dengan orang lain yang tinggal di sekitar anda.  Cara ini sangat membantu jika Anda dapat mengganti hari, yang seharusnya dalam sepekan anda mengemudi untuk antar jemput sebanyak enam hari dengan ini anda hanya perlu dua atau tiga hari saja. Mungkin Anda akan mengantar anak-anak pada hari Senin dan Rabu, sementara orang tua lain mengisi pada sisa hari kerja lainnya.

Ini akan sangat menghemat pengeluaran uang Anda untuk bensin dan juga akan membuat perjalanan anak-anak ke sekolah sangat menyenangkan karena mereka akan berkendara bersama teman-teman. Hal yang sama berlaku untuk seorang dalam perjalanan mereka ke tempat kerja, yang dapat berbagi tanggung jawab dan biaya mengemudi di antara satu sama lain.

2. Beli kendaraan yang lebih kecil.

Jika Anda memiliki kendaraan besar, jarak tempuh per tangki bensin Anda akan lebih sedikit daripada jika Anda memiliki kendaraanl yang lebih kecil. Sebagai umum, kendaraan yang lebih besar biasanya menggunakan lebih banyak bensin. Jika Anda ingin menghemat uang untuk biaya bahan bakar, membeli mobil yang lebih kecil adalah awal yang baik.

Pemakaian bensin pada kendaraan yang memiliki CC atau cubical centimeter (cm3)  lebih besar tentu membutuhkan bensin yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan yang memiliki CC yang lebih kecil. Tidak hanya itu pajak yang harus dibayarkan tiap tahunnya juga akan lebih besar walaupun kendaraan kita sangat jarang digunakan.

3. Beli Kendaraan Hibrida.

Kendaraan Hibrida baik mobil maupun motor ini cukup baru di pasaran Indonesia dan masih cukup mahal harga yang ditawarkan dari pabrikan, tetapi banyak yang menemukan manfaat lebih besar daripada biaya tinggi ketika mereka menghitung penghematan bahan bakar yang dipakainya baik tiap hari maupun tahunnya.

Mobil hibrida biasanya mendapatkan jarak tempuh yang lebih baik per tangki bensin dan ini menghasilkan penghematan besar bagi pemiliknya.

Mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya.

4. Matikan Kunci Kontak

Jika Anda terjebak dalam lalu lintas yang bergerak sekitar satu inci per menit, maka letakkan saja mobil di tempat parkir dan matikan kunci kontak atau cari jalan lain yang lebih lancar. Saat anda duduk dalam kendaraan, Anda hanya menggunakan lebih banyak bensin dan tidak benar-benar mendapatkan apa-apa. Daripada membuang-buang uang, cobalah untuk menghemat uang dengan tidak membiarkan mobil Anda dihidupkan di tempat parkir atau dihalaman rumah anda.

Jika Anda ingin mampir ke toko dan hanya akan pergi sebentar, pastikanlah untuk mematikan kunci kontak kendaraan anda. Selain menghemat bensin, Anda akan memastikan bahwa mobil Anda terkunci dengan mematikan kunci kontak dan membawa kunci kendaraan Anda ke dalam toko.

5. Berjalan.

Jika Anda tinggal di dekat toko, berjalanlah daripada mengemudi. Ini akan menghemat tidak hanya dalam harga bensin mobil Anda, tetapi juga dalam pemakaian sehari-hari secara umum yang diterima mobil Anda saat berada di jalan. Belum lagi, berjalan adalah olahraga yang baik dan umumnya aman bagi kebanyakan orang. Jadi mengapa tidak menghabiskan sebagian dari waktu kita untuk berjalan dan menghirup udara segar.

Cara-cara yang disebutkan di atas adalah lima cara paling populer untuk membantu Anda menghemat uang ekstra terkait bahan bakar. Beberapa cara yang lebih jelas adalah dengan menimbun ketika harga bensin turun. Jika Anda mendapatkan bensin senilai 100rb atau  150rb setiap beberapa hari, Anda mungkin mendapatkan harga yang bagus suatu hari dan biaya yang mengerikan per tangki selama perjalanan berikutnya.

Namun, jika Anda mengisi tangki bensin kendaraan Anda saat harga masih rendah, Anda pasti akan mendapatkan kesepakatan terbaik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menghemat waktu di pompa bensin ketika semua konsumen lain mengantre untuk mengisi bensin sebelum harga naik lebih tinggi.

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Pengeluaran Bahan Bakar Kendaraan"

Posting Komentar